*** Pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat, booking paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan *** Pengiriman sepeda motor, booking paling lambat sehari sebelum keberangkatan *** Menerima pengiriman kendaraan baru (belum ada NoPol/plat/STNK) *** Menerima pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat dari Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, Banjarmasin ke Surabaya, Maumere ke Surabaya ***

Selasa, 04 Maret 2014

Tips Mengirim Mobil Dengan Kapal Laut

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan pengiriman mobil supaya mengurangi resiko kerusakan pada saat pengiriman mobil:
1. Singkirkan barang yang tidak perlu
Singkirkan barang-barang yang ada di dalam mobil dan juga di bagasi, terutama barang-barang pribadi yang cukup berharga. Banyak orang yang mengabaikan hal ini atau mungkin lupa untuk mengecek sebelum pengiriman mobil. Perusahaan asuransi tidak akan menanggung kerusakan / kehilangan barang-barang yang ada di dalam mobil karena barang-barang tersebut bukan termasuk dalam perjanjian. Selain itu lepaslah bagian-bagian dalam ( interior ) yang mudah lepas dan akan merusak bagian lain yang juga tidak ditanggung asuransi.
2. Cat Anti Karat
Lapisi mobil dengan cat anti karat sebelum melakukan pengiriman dengan kapal cargo, karena mobil rentan berkarat jika terkena air laut selama di perjalanan. Jika ingin lebih aman, lebih baik mengirim mobil menggunakan kapal roro, karena mobil di dalam badan kapal. Namun rute kapal roro dari Surabaya hanya 7 rute, yaitu Balikpapan, Makassar, Banjarmasin, Sampit, Kumai, Batulicin dan Maumere. Untuk pelabuhan tujuan lain, alternatifnya adalah menggunakan kapal container, kapal lebih aman dari percikan air laut karena dimuat dalam container, namun biaya menggunakan kapal container lebih mahal dari kapal cargo. Jika Anda tetap memilih menggunakan kapal cargo, cat anti karat pada seluruh body mobil akan mengurangi resiko karat akibat air laut.
3. Rapikan Muatan 
Jika anda mengirim mobil dengan muatan, packing serapi dan seminilmalisir mungkin, karena dari pihak pelayaran akan menghitung standar bagasi. Jika lebih dari standar bagasi klasifikasi mobil (standar bagasi dapat dibaca di menu klasifikasi kendaraan di web ini), maka akan dikenai biaya over bagasi.
4. Periksa mesin
Pada waktu proses bongkar muat ada kalanya mobil mungkin harus dikendarai, jadi pastikan kondisi mesin dan sistem penggerak lainnya dalam kondisi baik. Periksalah bagian aki, ban, oli mesin, oli gearbox, gardan, pendingin, dll. Beritahukan kepada ekspedisi pengiriman mobil, masalah yang mungkin muncul atau pernah dialami mobil sehingga mereka lebih siap.
4. Amankan eksterior
Ada bagian-bagian atau komponen-komponen yang mungkin bisa rusak atau lepas pada saat pengiriman mobil, jadi perlu diamankan atau dilepas. Komponen yang bisa dilepas sebaiknya dilepas, misalnya: kaca spion, weeper, dll.

5. Matikan Alarm
Yang terakhir, matikan alarm mobil. Kalau tidak tahu caranya, hubungi pemasangnya atau dealer mobilnya. Jika anda lupa tapi sudah pengiriman mobil, pastikan pengirimnya diberi tahu bagaimana cara me-non aktifkannya.
Ini adalah langkah-langkah yang perlu dan sebaiknya dilakukan sebelum pengiriman mobil. Hubungi ekspedisi pengiriman untuk meminta penjelasan,  surat-surat dan prosedur yang perlu dipersiapkan sebelum pengiriman.

Kirim Kendaraan