*** Follow Instagram Farhiyatrans untuk update foto terkini *** Pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat, booking paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan *** Pengiriman sepeda motor, booking paling lambat sehari sebelum keberangkatan *** Menerima pengiriman kendaraan baru (belum ada NoPol/plat/STNK) *** Menerima pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat dari Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, Banjarmasin ke Surabaya, Maumere ke Surabaya *** Kirim lebih dari satu kendaraan, ada potongan harga *** Kirim barang lebih dari satu ton, ada potongan harga *** Kirim barang dengan FCL harga nego ***

Senin, 25 Mei 2015

Cara Merawat Rem Mobil

Rem adalah komponen penting pada mobil yang berfungsi sebagai alat untuk menahan laju mobil Anda. Kondisi rem pada mobil juga tergantung pada cara Anda merawatnya.

Apabila Anda mengabaikan perawatan rem mobil ini maka bisa jadi kinerjanya tidak optimal.

Ini bisa saja mengancam keselamatan pengendara dan orang lain di sekitar Anda. Seperti beberapa kasus kecelakaan yang terjadi akibat rem blong.

Rem mobil juga tergantung dari cara Anda mengemudikan mobil dan kondisi di jalan raya. Sebenarnya untuk merawat rem mobil seorang diri, akan sedikit repot karena harus melepas keempat roda mobil Anda.

Pada rem mobil terdapat dua jenis Disc Brake dan Tromol. Berikut tips cara merawat rem mobil.


1. Wajib mengecek kondisi minyak rem satu minggu sekali
Pemeriksaan bertujuan agar minyak rem tidak kosong. Apabila terjadi pengurangan minyak rem dari batas minimal sebaiknya di cek apakah terjadi kebocoran pada saluran/selang minyak rem mobil Anda.

Karena pada kondisi normal, pengurangan minyak rem mobil tidak terjadi dengan cepat. Minyak rem mobil berkurang seiring dengan semakin menipisnya kanvas rem mobil. Rekomendasi dari produsen mobil, umumnya minyak rem harus diganti setelah mencapai 40.000 km atau sekitar 2 tahun.

Tetapi ini berlaku untuk pemakaian mobil pada kondisi normal, jika kinerja rem mobil berat atau frekuensi penggunaan rem mobil tinggi akibat jalan yang macet amaka sebaiknya diganti lebih cepat untuk lebih jelasnya konsultasikan dengan bengkel langganan Anda.

2. Untuk rem cakram
Lepas kampas rem/paddari dudukannya dan gunakan ampelas kasar, kuas atau sikat untuk membersihkan permukaannnya. Lalu gunakan pembersih karbon yang khusus rem atau biasa disebut (Brake Cleaner) atau jika ingin irit bisa juga dengan menggunakan bensin.

Setelah itu berikan stempet, gemuk atau pelumas di besi penahan pada bagian belakang kampas rem. Hal ini harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai terkena pada permukaan kampas rem yang bersinggungan langsung dengan cakram. Setelah itu Anda bisa pasang kembali kampas rem.

3. Untuk rem tromol
Lepaskan dulu tutup tromolnya. Setelah itu langkah yang harus dilakukan sama seperti membersihkan pada rem cakram dengan menggunakan amplas atau cairan khusus pembersih rem. Lalu pasang kembali tutup tromol sesuai dengan keadaan semula.

Itulah tips singkat jika ingin merawat rem, pastikan kinerja Anda maksimal agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika memang dirasa sulit, sebaiknya percayakan kepada bengkel langganan Anda.


Kirim Kendaraan