Kirim Mobil | Ekspedisi FARHIYAtrans | Jasa Pengiriman Mobil Surabaya Jakarta Rute Seluruh Indonesia

Pelni Siapkan 6 Kapal untuk Dukung 'Tol Laut' Jokowi

Jumat, 19/06/2015 11:56 WIB

Jakarta -PT Pelni (Persero) akan mendatangkan 6 kapal barang untuk mendukung program 'tol laut' atau angkutan barang berjadwal berbasis laut, yang jadi program Presiden Jokowi. Proses pengadaan kapal sedang berjalan oleh Pelni. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyebut setidaknya 6 kapal bakal disediakan oleh Pelni sedangkan biaya operasional bakal disubsidi oleh Kementerian Perhubungan. Kapal ini sudah mulai memperkuat program tol laut paling lambat sebelum Idul Fitri 2015. 

"Kementerian perhubungan tetapkan subsidi perintis 6 kapal. Ini rencananya bisa melayani sebelum Idul Fitri ini," kata Jonan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (19/6/2015).

Dengan adanya angkutan kapal barang berjadwal ini, Jonan yakin harga kebutuhan pokok bisa tidak jauh beda antara wilayah Indonesia Timur hingga Indonesia Barat. Apalagi ongkos angkut yang disubsidi oleh pemerintah.

"Tujuannya agar harga barang pokok sama. Kalaupun beda hanya ongkos angkutnya," jelasnya.

Di tempat yang sama, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Srie Agustina menjelaskan kapal angkutan barang berjadwal sangat membantu menekan ongkos logistik. Kemendag mengkoordinir penyediaan barang kebutuhan pokok sementara pengangkutan didukung oleh Pelni dan Kemenhub. 

Untuk sementara, angkutan barang masih memanfaatkan kapal penumpang milik Pelni. Ke depan, pengiriman barang kebutuhan pokok bakal memakai kapal khusus barang yang dioperasikan juga oleh Pelni.

"Pelni akan mendatangkan 6 kapal barang khusus yang layani 6 rute tetap melalui 32 titik pelabuhan di Indonesia yakni mulai pulau terluar hingga terpencil. Kalau saat ini, kita masih uji coba sambil nunggu 6 kapal," sebutnya.

Sumber: detik.com

TRUSTED GALLERY





Show More Gallery »