*** Follow Instagram Farhiyatrans untuk update foto terkini *** Pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat, booking paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan *** Pengiriman sepeda motor, booking paling lambat sehari sebelum keberangkatan *** Menerima pengiriman kendaraan baru (belum ada NoPol/plat/STNK) *** Menerima pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat dari Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, Banjarmasin ke Surabaya, Maumere ke Surabaya *** Kirim lebih dari satu kendaraan, ada potongan harga *** Kirim barang lebih dari satu ton, ada potongan harga *** Kirim barang dengan FCL harga nego ***

Senin, 01 Juni 2015

Pilah-Pilih Mobil, Realita Antara Budget dan Keinginan


Kegiatan membeli sebuah kendaraan terkadang cukup membingungkan. Sebab, harus menyesuaikan antara kebutuhan dan hasrat pada model yang diinginkan. Terlebih, bila Anda memiliki keinginan yang tak terbatas namun terkendala dengan keuangan yang terbatas.

Bila sudah begini, terkadang godaan dari dealer mobil sulit untuk dielakkan. Anda yang sudah sulit berfikir secara jernih malah membeli mobil yang kurang sesuai kebutuhan dengan harga yang lebih tinggi.

Sebenarnya tidak sulit untuk membeli kendaraan yang sesuai harapan. Agar tidak salah membeli mobil, Berikut tips membeli mobil bagi pemula seperti dilansir Drive, yang ditulis Minggu (24/5/2015):

1. Cari Tahu

Sebelum pergi ke dealer mobil, alangkah baiknya mencari tahu terlebih dahulu tentang spesifikasi mobil beserta rentang harganya melalui internet. Bila sudah mengetahui segala informasi tentang mobil yang dibutuhkan, itu akan membuat Anda lebih siap untuk membeli mobil.

2. Waspada

Jangan biarkan diri Anda terbuai oleh rayuan-rayuan maut dari dealer mobil yang anda datangi. Salah-salah malah Anda bisa membeli mobil dengan fitur yang tidak sesuai yang diinginkan atau harga yang lebih tinggi dari yang seharusnya.

3. Fokus Pada Fitur yang Paling Dibutuhkan

Dalam membeli mobil, tentukan terlebih dahulu fitur dan spesifikasi dari sebuah mobil yang paling Anda butuhkan. Jangan mudah tergiur dengan fitur tambahan yang ditawarkan oleh dealer mobil.

Hal ini bisa membuat pengeluaran anda membengkak  untuk membayar fitur tambahan yang kurang anda perlukan.



4. Periksa Kondisi Mobil Secara Seksama

Sebelum Anda membayar mobil yang  sudah Anda tentukan, periksa terlebih dahulu kondisi mobil dengan cukup seksama dan bila perlu ajak rekan yang mengerti mobil untuk membantu mengecek kondisi mobil.

Pastikan juga pihak dealer memberi garansi untuk mobil yang anda beli. Hal ini menghindarkan Anda tidak membuang banyak uang untuk melakukan perbaikan bila ternyata tiba-tiba muncul masalah pada mobil tak lama setelah anda membeli.

5. Bila Ternyata Mobil Membeli "Mobil Baru Tapi Lama"

Pastikan tanggal dan tahun pembuatan mobil yang tercantum pada plakat yang ada dalam mobil. Hal ini untuk memastikan bila mobil yang anda beli belum lama keluar dari pabrik dan tidak terparkir lama pada gudang. 

Ditakutkan, dengan terlalu lamanya mobil tersebut keluar dari pabrik akan menimbulkan sedikit masalah ketika akan digunakan meskipun digolongkan baru.

6. Tawar-menawar

Waktu yang berbeda dalam satu tahun dapat menjadi saat yang tepat untuk tawar-menawar dengan dealer. Biasanya para dealer memberi kemudahan dalam menawar harga pada akhir kuartal (Maret, Juni, September, dan Desember)



7. Menyepakati harga

Harga eceran yang disarankan pada kebanyakan mobil hampir seragam. Kecuali itu model baru atau dalam permintaan tinggi, sebagian dealer akan siap untuk bernegosiasi sampai batas tertentu. Itulah mengapa itu penting untuk berkeliling mencari tahu pasaran mobil secara langsung.

Dalam kesepakatan harga juga Anda dapat memasukkan pilihan untuk biaya pengiriman mobil dari dealer ke rumah bila menggunakan layanan tersebut.

8. Perpanjangan Garansi

Anda harus memastikan bila dealer memberikan perpanjangan garansi karena akan berkaitan dengan  masalah purna jual kendaraan anda.

9. Asuransi Kendaraan

Gunakan pilihan asuransi sebelum mobil meninggalkan dealer karena garansi dari pihak dealer tidak mencakup klaim kerugian bila terjadi kecelakaan.

Kirim Kendaraan