Kirim Mobil | Ekspedisi FARHIYAtrans | Jasa Pengiriman Mobil Surabaya Jakarta Rute Seluruh Indonesia

4 Akibat Buruk Tidak Mengganti Oli Mesin Kendaraan Anda

img

Oli mesin berfungsi untuk membersihkan dan menghaluskan mesin sehingga Anda nyaman berkendara. Akan tetapi jika oli mesin tidak secara rutin diganti justru akan menyebabkan kerusakan pada mesin.

Berikut adalah akibat yang disebabkan oleh kelalaian Anda dalam mengganti oli mesin kendaraan Anda


1. Penurunan kualitas mesin kendaraan
Oli yang seharusnya menjaga kualitas mesin kendaraan Anda dengan tidak secara rutin diganti seperti yang sudah ditulis akan justru merusak mesin kendaraan Anda.
Hal ini terjadi semakin lama oli yang ada di mesin Anda penurunan kualitan pada oli akan terjadi seperti oli akan menjadi lebih kental dan menghitam, fungsinya juga akan berkurang.

2. Pemborosan BBM
Karena oli berfungsi untuk menghaluskan gesekan yang terjadi pada mesin, jika semakin tidak halus gesekan pada mesin, tarikan pada mesin akan semakin kuat untuk itu akan diperlukan banyak bahan bakar sebagai tenaganya.

3. Over heating
Fungsi lain dari oli adalah untuk mendinginkan mesin, dengan kualitas oli yang buruk maka fungsi tersebut juga akan semakin buruk juga.
Pendinginan pada mesin akan semakin lambat dan membuat over heating pada mesin semakin lama.

4. Kerusakan komponen
Dan kerusakan-kerusakan pada komponen-komponen lain pada kendaraan Anda juga akan rusak seperti bantalan poros engkol, piston dan dinding silinder.
Karena jika oli semakin buruk kualitasnya maka komponen lain harus berkerja lebih keras dari kapasitasnya sehingga akan dapat membuat komponen lain cepat rusak, terbakar dan karatan.

Akibat – akibat tadi selain merugikan Anda pada material tapi juga finansial, seharusnya Anda bisa mengeluarkan biaya hanya untuk membeli dan mengganti oli tapi dapat menjadi lebih besar karena biaya perbaikan kendaraan Anda karena kelalaian Anda mengganti oli mesin kendaraan Anda.

TRUSTED GALLERY





Show More Gallery »