*** Follow Instagram Farhiyatrans untuk update foto terkini *** Pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat, booking paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan *** Pengiriman sepeda motor, booking paling lambat sehari sebelum keberangkatan *** Menerima pengiriman kendaraan baru (belum ada NoPol/plat/STNK) *** Menerima pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat dari Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, Banjarmasin ke Surabaya, Maumere ke Surabaya *** Kirim lebih dari satu kendaraan, ada potongan harga *** Kirim barang lebih dari satu ton, ada potongan harga *** Kirim barang dengan FCL harga nego ***

Kamis, 16 Juli 2015

Bingung Pakai BBM Apa? Yuk Baca Brosur atau Manual Kendaraan



Banyak dari Anda yang belum paham memilih bahan bakar yang sesuai dengan kendaraan yang Anda miliki padahal produsen kendaraan bermotor biasanya telah menginformasikan bahan bakar yang sesuai untuk kendaraan dengan cara mencantumkan nilai rasio kompresi di buku manual atau brosur spesifikasi kendaraan.

Dampak yang kurang bagus dari salah memilih bahan kabar, kemungkinan besar mesin kendaraan bermotor anda sering kotor atau bahkan mengalami kerusakan. Berikut adalah tips yang bisa Anda pelajari dalam memilih bahan bakar yang cocok untuk kendaraan Anda.

Perhatikan Rasio Komperasi Kendaraan Anda

Saat Anda membeli kendaraan biasanya pada buku manual atau brosur yang Anda dapat terdapat penjelasan mengenai spesifikasi kendaraan Anda. Yang harus Anda perhatikan adalah tulisan dengan nama “compression ratio” dan perhatikan angka di samping tulisan.

Angka tersebut menunjukkan jumlah oktan (RON) yang harus ada pada bahan bakar yang Anda pilih agar sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan Anda.

88 = Premium
92 = Pertamax
95 = Pertamax Plus

Makin rendah angka RON pada bahan bakar bukan berarti semakin baik. Tapi dapat menimbulkan kerusakan pada mesin dan pemborosan.

Jangan memilih bahan bakar dengan jumlah oktan yang lebih sedikit karena akibat yang ditimbulkan adalah pembakaran pada mesin yang tidak stabil membuat mesin menjadi lebih panas sehingga bisa membuat piston kendaraan Anda rusak.

Untuk kendaraan dengan mesin turbo walaupun dalam spesifikasinya tertulis 88 tapi sebenarnya mesin turbo membutuhkan bahan bakar dengan RON yang tinggi seperti pertamax atau pertamax plus karena saat mesin turbo aktif kompresi akan berlipat ganda.

Untuk 5 tahun terahir produsen kendaraan bermotor telah memproduksi kendaraan bermotor dengan RON paling rendah 91 biasanya untuk kendaraan dengan RON 91 masih dapat menggunakan bahan bakar dengan RON 88 (premium) tapi akan lebih baik menggunakan bahan bakar dengan RON 92 (Pertamax).

Untuk kendaraan dengan rasio kompresi 93 masih dapat menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 (pertamax) tapi jika sudah tertulis angka 94, 95 atau lebih disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan 95 (pertamax plus) agar pembakaran pada mesin lebih sempurna dan mencegah kerusakan pada mesin juga menghindari pemborosan.

Layaknya manusia yang memerlukan makanan dengan asupan gizi yang baik sesuai kebutuhan. 

Kendaraan Anda juga demikian, jadi memilih bahan bakar kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda sangatlah penting untuk menjaga kualitas mesin kendaraan Anda agar tetap berfungsi dengan maksimal dan tahan lama.

Kirim Kendaraan