Ekspedisi Pengiriman Kendaraan Surabaya - Jasa Kirim Mobil Truk, Bus, Motor, Tronton, Alat Berat

Cara Memeriksa Kuantitas Oli Mobil

Jumat, 03/07/2015 19:08 WIB

Cara Memeriksa Kuantitas Oli Mobil

Oli mobil semakin lama mobil dikendarai bisa semakin berkurang. Jika oli mesin sudah di bawah batas normal, maka akan berakibat fatal untuk mesin mobil.

Di beberapa mobil sudah ada indikator yang menampilkan lampu peringatan bahwa oli sudah di bawah batas normal pada instrument cluster-nya. Jika indikator itu menyala, tentu hal itu akan membuat panik.

Oli mesin yang hanya sedikit terlalu buruk bagi mesin mobil. Sebaliknya, menambahkan oli yang terlalu banyak juga bakal menimbulkan masalah.

Jadi, berhati-hatilah saat menambahkan oli mobil Anda. Sebaiknya selalu berpatokan pada buku manual untuk menentukan seberapa banyak oli yang dibutuhkan.

Nah, untuk memeriksa oli yang tersisa, laman Foxnews, Jumat (3/6/2015) memberikan sedikit tipsnya. Apa saja?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah kendaraai mobil dengan waktu yang cukup untuk memanaskan mesin. Kemudian, parkirkan mobil di tempat yang rata, jangan menanjak atau menurun sedikit pun.

Setelah itu, matikan mesin dan tunggu sekitar 2 menit. Buka kap mesin dan periksa dipstick oli. Pada kebanyakan mobil baru, pegangan dipstick berupa ring plastik oranye atau kuning.

Ambil dipstick itu kemudian bersihkan menggunakan kain bebas serat. Masukkan kembali sepenuhnya dan bersihkan lagi.

Dipstick tersebut memberikan tanda yang menunjukkan tingkat oli mesin. Periksa apakah kemilau minyak berada di bawah batas normal pada dipstick atau masih berada di atasnya.

Jika berada di bawah batas normal, tambahkan oli sebanyak setengah liter ke bukaan reservoir di bawah sekrup yang dipasang di atas mesin. Tunggu 2 menit, kemudian periksa kembali tingkat ketinggian oli menggunakan dipstick. Jika masih kurang, tambahkan lebih banyak oli secara bertahap. 

TRUSTED GALLERY





Show More Gallery »