Kirim Mobil | Ekspedisi FARHIYAtrans | Jasa Pengiriman Mobil Surabaya Jakarta Rute Seluruh Indonesia

Mudik, Mobil Harus Sehat Dulu, Ini Caranya



Kalau mau melakukan perjalanan jauh selama mudik, jangan lupa mempersiapkan mobil Anda ya, Otolovers! Sebab, tidak hanya fisik pengemudi yang berpengaruh, kesehatan kendaraan pun perlu disiapkan sebelum mudik.

Untuk mengetahui apakah mobil dalam keadaan sehat, pemilik bisa mengeceknya sendiri.

Seperti ditulis dalam Hyundai Motor World Indonesia Edisi Mei-Juni 2015, PT Hyundai Mobil Indonesia melalui Divisi Aftersales Service memberikan tips tentang cara mengecek kendaraan.

Pertama, cek kondisi mesin. Hal yang dilakukan adalah hidupkan mesin dan dengarkan apakah ada suara yang abnormal.

Jika terdapat bunyi-bunyi asing seperti ngelitik, berdengung atau suara ketukan, maka mobil tidak aman digunakan. Segera lakukan pengecekan dan konsultasi di bengkel.

Saat mesin hidup, perhatikan juga asap yang keluar dari knalpot mobil. Jika ada asap yang terlalu tebal saar akselerasi/deselerasi pada mesin diesel atau ada asap yang pedih pada mesin bensin, maka sebaiknya mobil tidak dijalankan untuk jarak jauh.

Selanjutnya, lakukan tes jalan dan rasakan apakah ada gejala narik (kiri atau kanan) di setirnya atau tidak. Kemudian, rasakan apakah saat diinjak rem, terasa pedal rem bergetar.

Terakhir, perhatikan kondisi temperatur mesin. Jika mesin terlalu panas, maka mobil tidak aman untuk digunakan. Pengecekan temperatur mesin ini bisa dilakukan dengan melihat indikator temperatur mesin di cluster meter mobil.

TRUSTED GALLERY





Show More Gallery »