*** Follow Instagram Farhiyatrans untuk update foto terkini *** Pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat, booking paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan *** Pengiriman sepeda motor, booking paling lambat sehari sebelum keberangkatan *** Menerima pengiriman kendaraan baru (belum ada NoPol/plat/STNK) *** Menerima pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat dari Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, Banjarmasin ke Surabaya, Maumere ke Surabaya *** Kirim lebih dari satu kendaraan, ada potongan harga *** Kirim barang lebih dari satu ton, ada potongan harga *** Kirim barang dengan FCL harga nego ***

Rabu, 08 Juli 2015

Mudik Naik Motor, Jangan Samakan Seperti Sedang Touring



Banyak pemudik yang menggunakan sepeda motornya untuk menuju kampung halamannya menjelang hari raya Idul Fitri ini. Padahal hal itu sangat tidak disarankan, mengingat mudik menggunakan sepeda motor bakal menguras fisik dan pikiran.

Pebalap nasional yang kini ditunjuk sebagai duta safety driving Indonesia, Rifat Sungkar memang tidak menyarankan untuk mudik menggunakan sepeda motor. Sebab, saat mudik, pemotor selalu dikejar waktu sehingga fisik akan dipaksakan dan meningkatkan risiko.

"It's all about time management. Lu 800 km satu hari gila, dua hari masih gila," kata Rifat.

Sebab, berbeda dengan mengendarai mobil, mudik menggunakan sepeda motor tidak hanya menguras fisik. Pikiran pun bakal lebih terkuras.

"Kalau mobil bisa jalan 8 jam nonstop dan tetap disaranin berhenti 3 jam sekali. Tapi kalau motor, motor itu bukan semata-mata lu ada di situ, tapi fisik dan pikiran lu akan lebih terkuras," tegas Rifat.

Selain waktu, pemudik kerap harus membawa banyak barang bawaan. Hal itu, kata Rifat, bisa memengaruhi tingkat handling dari motor itu.

"Semakin berat kendaraan dan semakin tinggi tumpukan barang bawaan pasti handling akan semakin kacau. Karena titik beratnya ada di belakang," jelasnya.

Jadi, jangan samakan mudik menggunakan sepeda motor seperti sedang touring. Sebab, ada tiga perbedaan antara mudik menggunakan sepeda motor dengan touring.

"Waktu, barang sama tujuan yang tidak selalu bersamaan, itu bedanya dengan touring. Kalau mudik tujuannya selalu bersama. Sekali berangkat jutaan motor. Dan sekali jalan lewatin jalan yang sama, Lutouring sebanyak-banyaknya paling 200 motor. Mudik ini sejuta lebih," ucap Rifat.

Kirim Kendaraan