*** Follow Instagram Farhiyatrans untuk update foto terkini *** Pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat, booking paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan *** Pengiriman sepeda motor, booking paling lambat sehari sebelum keberangkatan *** Menerima pengiriman kendaraan baru (belum ada NoPol/plat/STNK) *** Menerima pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat dari Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, Banjarmasin ke Surabaya, Maumere ke Surabaya *** Kirim lebih dari satu kendaraan, ada potongan harga *** Kirim barang lebih dari satu ton, ada potongan harga *** Kirim barang dengan FCL harga nego ***

Sabtu, 18 Juli 2015

Periksa AC Mobil Sebelum Mudik, Begini Caranya



Sebelum mudik ke kampung halaman pastikan kondisi AC mobil tetap dalam kondisi prima dengan cara membersihkan AC dari kotoran. Pendingin ruangan yang dingin menambah kenyamanan perjalanan mudik mengunjungi sanak keluarga.

Apa saja sih yang harus diperhatikan agar AC tetap dingin? Tenang detikOto punya tips jitu agar AC mobil tetap dingin meski hanya menggunakan skala 1.

1. Kita harus cek dulu apakah mobil sudah terpasang cabin filter. Kalau belum pasang cabin filter disarankan lebih baik evaporator dan motor fan dibersihkan terlebih dahulu. Karena kalau langsung pasang cabin filter tidak memberikan efek yang maksimal karena sudah kotor.

"Dua komponen itu harus dibersihkan jika ingin memasang filter kabin penumpang. Lebih baik ke bengkel yang memang khusus memasang filter kabin. Soalnya tidak semua mobil tersedia dudukan filter kabin. Jika tidak ada, maka harus buat ulang," kata Asst Sales Director PT Selamat Sempurna Tbk, Rudy Soerjanto.

2. Membersihkan evaporator
Lebih baik ke bengkel. Sebab ada rangkaian yang harus dibongkar. Biaya untuk membersihkan komponen ini dan motor fan sekitar Rp 1 juta. Dan lebih baiknya setiap 6.000 km evaporator dibersihkan.

3. Kalau sudah terpasang filter kabin, lebih baik ganti dengan filter kabin yang baru sebelum mulai perjalanan mudik. Karena filter kabin sendiri bisa dibilang ada umurnya. Apalagi sering berkendara pada kondisi udara yang kotor seperti di Jakarta. Filter kabin akan melindungi pengendara dan penumpang dari kuman penyakit.

"Filter udara bisa rusak, tergantung kondisi. Kalau Jakarta heavy dust condition. Kita sering buka tutup kaca. Apalagi hujan kita masuk mobil basah-basah, kotor. Fungsi filter kabin banyak sekali. Untuk menyaring debu dan kotoran lainnya," pungkas Rudy.

"Dalam perjalanan mudik tentunya di dalam kendaraan harus lebih fresh. Dari pada paru-paru yang jadi filter lebih baik bersihkan cabin filter. Atau pasang yang belum ada cabin filter," saran Rudy.

Kirim Kendaraan