*** Follow Instagram Farhiyatrans untuk update foto terkini *** Pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat, booking paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan *** Pengiriman sepeda motor, booking paling lambat sehari sebelum keberangkatan *** Menerima pengiriman kendaraan baru (belum ada NoPol/plat/STNK) *** Menerima pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat dari Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, Banjarmasin ke Surabaya, Maumere ke Surabaya *** Kirim lebih dari satu kendaraan, ada potongan harga *** Kirim barang lebih dari satu ton, ada potongan harga *** Kirim barang dengan FCL harga nego ***

Rabu, 01 Juli 2015

Tips Memilih Ban Motor Saat Musim Hujan

Tips Memilih Ban Motor Saat Musim Hujan

Hujan menyebabkan jalanan menjadi basah dan licin. Jika Anda menggunakan ban yang “gundul” atau botak, saat Anda melakukan pengereman secara mendadak kemungkinan untuk terpeleset dan jatuh dari motor dapat terjadi.

Hal itu tentu akan sangat berbahaya jika terjadi di jalan raya. Nah, berikut ini ada beberapa tips memilih ban motor saat musim hujan.

1. Orisinil dan Berkualitas

Ada baiknya jika Anda membeli ban motor lansung developer sparepart resmi dari perusahaan motor Anda yang sudah menyediakan ban yang bobotnya sudah cocok dengan jenis dan tipe motor Anda. Contoh jika motor Anda dengan merk HONDA datanglah ke bengkel resmi Honda dan membeli ban dari AHM (official developer sparepart untuk Honda). Jika Anda ingin menggunakan merk lain pastikan Anda membeli dari merk yang sudah ternama dan sudah banyak digunakan oleh orang lain.

2. Tekstur Ban

pilihlah ban yang memiliki komponen lunak. Sebab ban dengan karakter 
itu memiliki daya cengkram yang cukup kuat ketika melintasi jalanan basah dan licin. Dan pastikan ukiran di telapak ban masih dalam kondisi bagus atau tidak gundul.

3. Pola Ukiran Ban

Dalam kondisi hujan, ukiran yang searah sangat dianjurkan. Karena dapat berfungsi sebagai jalur sekaligus memecah genangan air. Adapun untuk tingkat kedalaman ukiran pastikan kondisinya minimal 60 persen. Jika aspek ini diperhatikan, tentunya dapat mencegah motor tergelincir.

4. Ukuran Ban

Hindari menggunakan ban berukuran lebih kecil dari ukuran standar. Lebar telapak sangat berpengaruh pada daya cengkeram dan pijakan ban terhadap permukaan jalan. Sehingga mampu meningkatkan kestabilan motor saat dikendarai.

5. Tekanan Angin Ban Motor

Pastikan tekanan angin ban motor Anda telah sesuai dengan ukuran yang ditetapkan oleh pabrikan. Bila tekanan terlalu banyak, maka titik tumpu ban terhadap lintasan yang dilalui hanya berada di tengah-tengah telapak ban. Kondisi seperti itu berpotensi memicu motor oleng dan beresiko terjadinya kecelakaan.

Begitu juga sebaliknya, bila tekanan angin ban kurang dari ukuran standar, maka permukaan telapak yang menempel di lintasan akan banyak. Kondisi itu menyebabkan ban cepat haus, dan berpotensi pecah ban.

Tips diatas tidak hanya berlaku untuk musim hujan tapi juga untuk musim panas dan kondisi jalan yang rusak. Selain itu jika Anda berencana untuk berkendara di saat hujan ada baiknya jika Anda memeriksa kondisi ban Anda terlebih dahulu, mulai dari tekanan angin pada ban dan botak atau tidaknya ban.

Kirim Kendaraan