*** Follow Instagram Farhiyatrans untuk update foto terkini *** Pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat, booking paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan *** Pengiriman sepeda motor, booking paling lambat sehari sebelum keberangkatan *** Menerima pengiriman kendaraan baru (belum ada NoPol/plat/STNK) *** Menerima pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat dari Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, Banjarmasin ke Surabaya, Maumere ke Surabaya *** Kirim lebih dari satu kendaraan, ada potongan harga *** Kirim barang lebih dari satu ton, ada potongan harga *** Kirim barang dengan FCL harga nego ***

Sabtu, 29 Agustus 2015

6 Komponen Mobil yang Harus Anda Perhatikan Saat Cuaca Panas

Rabu, 26/08/2015 12:03 WIB


Berikut ini adalah beberapa tips yang Anda bisa lakukan untuk merawat komponen kendaraan Anda yang mudah rusak akibat efek cuaca panas dan angin kering.

1. Sistem pendingin

Mobil akan dapat berkerja pada performa terbaiknya dan mencapai titik efisiennya jika memiliki temperatur maksimum. Oleh karena itu, sistem pendingin mobil Anda harus selalu dalam keadaan yang sehat. Cara membersihkannya adalah dengan mengkuras radiator dan bersihkan seluruh aneka material residu. Selalu jaga volume coolant atau diganti setiap setahun sekali. Cek juga aliran pendingin untuk memeriksa adakah kebocoran.

2. Aki

Suhu yang tinggi adalah penyebab utama kerusakan pada aki. Karena AC secara terus-menerus mengurangi panas di kabin dan mengambil tenaga dari aki untuk mengaktifkan blowernya. Jadi aku adalah komponen yang harus selalu sehat kondisinya. Selalu cek terminal dan kabel dari korosi lalu bersihkan secara rutin.

3. Oli mesin


Dalam periode tertentu, pelumas akan kehilangan viskositasnya dan partikel penting yang berfungsi melindungi mesin. Friksi yang tersisa akan meningkatkan panas dan bisa menyebabkan mesin tak bekerja secara maksimal. Cek level oli, selalu pastikan untuk memakai oli yang direkomendasikan, dan pelumas sintetik yang lebih baik dalam melawan panas lebih disarankan.

4. Cat 

Polutan yang menempel dan terkena sinar terik matahari secara lansung akan menyebabkan noda pada cat. Cuci body mobil secara teratur untuk mengusir material korosif. Gunakan air yang bertekanan tinggi untuk lebih efektif mengusir kotoran di semua sudut mobil Anda.

5. Ban

Cuaca yang panas dapat berakibat buruk pada ban jika menggelinding kurang angin. Bagian samping pada ban (sidewall) ditakutkan akan cepat rusak, bahkan permanen. Perubahan temperatur yang terlalu sering berganti akan membuat karet ban kehilangan elastisitasnya lalu dapat memicu retak. Caranya agar ban Anda tidak cepat rusak adalah selalu memperhatikan tekanan udara pada ban Anda agar kondisi ban selalu prima.

6. Filter udara

Udara yang kering dan angin kencang yang menerbangkan debu berlipat-lipat memberikan efek yang buruk pada pernapasan mobil Anda. Kerja filter udara akan semakin berat dan lebih cepat tersumbat kotoran. Jika asupan udara kurang baik dan banyak, tenru kinerja mobil akan turun drastis. Selalu bersihkan filter udara Anda dan ganti dengan yang baru jika memang perlu

Kirim Kendaraan