Kirim Mobil | Ekspedisi FARHIYAtrans | Jasa Pengiriman Mobil Surabaya Jakarta Rute Seluruh Indonesia

Ambulans Mau Lewat, Iring-iringan Presiden pun Harus Minggir


Di jalanan, ada beberapa kendaraan yang memiliki prioritas utama. Kendaraan tersebut adalah yang memiliki rotator berwarna merah dan biru dengan suara sirine khasnya.

Instruktur Operasional Denwal PJR Korlantas Polri, Aiptu Wahyu Martono mengatakan, prioritas nomor satu kendaraan di arus lalu lintas yang harus diberi jalan adalah ambulans yang sedang mengangkut orang sakit. Sebab, ambulans tersebut menyangkut nyawa seseorang yang harus cepat-cepat ditangani tim medis.

"Di negara mana pun ambulans itu prioritas nomor satu. Tidak ada yang bisa mengalahkan ambulans," katanya.

Makanya, semua pengguna jalan harus memberikan jalan kepada ambulans. Bahkan, iring-iringan pejabat negara seperti Presiden Republik Indonesia pun harus mengalah ketika ada ambulans yang sedang mengangkut orang sakit.

"Presiden pun harus minggir saat ada ambulans," kata Wahyu.

Prioritas kedua adalah kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas. Sebab, kendaraan pemadam kebakaran juga harus cepat sampai tujuan.

"Prioritas lain adalah kendaraan pimpinan lembaga negara RI, kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara, iring-iringan pengantar jenazah, konvoi dan atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas kepolisian," sebut Wahyu.

TRUSTED GALLERY





Show More Gallery »