Kirim Mobil | Ekspedisi FARHIYAtrans | Jasa Pengiriman Mobil Surabaya Jakarta Rute Seluruh Indonesia

Mengetahui Kondisi Rem Kendaraan, Masih Bagus Apa Tidak?

Mengetahui Kondisi Rem Kendaraan, Masih Bagus Apa Tidak?

Komponen yang memadai pasti tersemat dalam setiap kendaraan bermotor. Sehingga Anda pun sebagai pengendara atau pun hanya sebagai penumpang merasa aman dan nyaman untuk menjalankan rutinitas harian Anda.

Salah satu komponen vital yang ada di setiap kendaraan adalah sistem pengereman, merupakan komponen penting pada sebuah kendaraan, yang berfungsi sebagai alat untuk memeperlambat atau menghentikan laju kendaraan ketika digunakan. 

Komponen pengereman adalah salah satu faktor utama keselamatan dalam berkendara. Supaya menghasilkan sistem pengereman yang baik, dibutuhkan paerawatan yang baik pula. Semua pemilik kendaraan, tidak terkecuali Anda, seharusnya selalu memperhatikan dan mengenali kondisi rem pada kendaraan mereka. 

Baik itu pada rem cakram (disk brake) maupun rem tromol (drum brake). Lalu , bagaimana cara mengetahui komponen sistem pengereman suatu kendaraan yang sudah waktunya untuk diganti?

Sebenarnya untuk mengetahui kondisi kampas rem telah habis yaitu dengan cara merasakannya. Jika saat menginjak pedal rem, laju kendaraan tidak berkurang, atau pun tidak berhenti dengan baik maka kemungkinan komponen rem tersebut wajib segera diganti. 

Terlebih lagi ketika menginjak rem terdengar suara decitan atau gesekan antara dua komponen, sehingga dapat dipastikan kampas rem telah habis. 

Selanjutnya jika dirasa kurang begitu yakin terhadap apa yang Anda rasakan, Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara melihatnya langsung. Tentu saja ini dapat dilakukan pada rem cakram saja. 

Namun, jika Anda masih merasa kurang yakin, segera konsultasikan dengan bengkel langganan Anda mengenai kondisi rem kendaraan Anda.

Untuk mengetahui kondisi kampas rem bisa dilakukan dengan proses pengamatan secara visual.

Caranya, mendeteksi lewat kondisi pelek, apakah kotor atau bersih. Jika pada pelek depan terdapat kotoran serbuk halus hitam, ini merupakan serbuk dari kampas rem yang jatuh di pelek mobil.

Indikasi kampas rem yang telah habis pada suatu kendaraan adalah terdapatnya kotoran serbuk asbes yang mengotori velg atau bagian cakram kendaraan. Hal tersebut memang lebih cenderung terlihat pada kendaraan roda empat atau mobil. Sedangkan pada motor tentunya mudah hilang karena tertiup oleh angin atau saat berkendara.

Pada sistem tromol sendiri memang tidak bisa dilihat, hanya bisa dirasakan dan hal tersebut membutuhkan pengecekan secara langsung dengan cara membongkarnya. Kalau memang kampas rem yang ada telah habis, maka wajib melakukan pergantian komponen sehingga mendapatkan fungsi terbaiknya.


TRUSTED GALLERY





Show More Gallery »