*** Follow Instagram Farhiyatrans untuk update foto terkini *** Pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat, booking paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan *** Pengiriman sepeda motor, booking paling lambat sehari sebelum keberangkatan *** Menerima pengiriman kendaraan baru (belum ada NoPol/plat/STNK) *** Menerima pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat dari Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, Banjarmasin ke Surabaya, Maumere ke Surabaya *** Kirim lebih dari satu kendaraan, ada potongan harga *** Kirim barang lebih dari satu ton, ada potongan harga *** Kirim barang dengan FCL harga nego ***

Selasa, 18 Agustus 2015

Penyebab dan Cara Memperbaiki Speedometer Motor yang Rusak

Penyebab dan Cara Memperbaiki Speedometer Motor yang Rusak

Salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh para pengendara motor adalah spedometer yang tiba-tiba tidak berfungsi. Padahal, speedometer adalah bagian paling dari motor yang berfungsi untuk menunjukkan kecepatan berkendara Anda.

Ciri-ciri yang menunjukkan spedometer sudah tidak berfungsi lagi adalah jarum penunjuk pada spedometer yang tidak bergerak meskipun motor telah melaju. Selain itu ciri-ciri lainnya adalah jarum yang naik-turun tidak beraturan dan tidak menunjukan informasi kecepatan yang sebenarnya.

Lalu apakah yang menyebabkan spedometer motor Anda bisa rusak? Biasanya, kemungkinan terdapatnya kabel speedometer yang telah putus karena karat yang disebabkan oleh air yang masuk ke dalam kabel.

Penyebab lainnya adalah jika Anda menarik gas motor Anda secara tidak beraturan dalam waktu yang lama yang dapat menyebabkan kabel speedometer putus.

Dan melajukan kendaraan pada jalanan yang rusak yang menyebabkan speedometer berguncang tidak teratur.

Selain itu kerusakan pada speedometer juga dapat disebabkan oleh gear nanas yang haus dan tromol yang memang sudah rusak, menyebabkan speedometer tidak berfungsi atau rusak.

Cara untuk memperbaikinya adalah:

1. Cari tahu dulu penyebabnya.

Jika masalah terletak pada rumah kabel yang berdebu atau karatan, maka semprotkan bagian tersebut dengan cairan penetran.

2. Langsung serahkan ke bengkel terdekat

Ini bisa Anda lakukan jika kerusakan pada speedometer Anda rusak disebabkan salah satu kabel pada speedometer Anda terputus.

3. Lepas roda depan motor

Ini Anda lakukan jika kerusakan disebabkan oleh gearbox. Caranya lepas roda depan motor Anda, buka kancing rumah gigi gear dengan tang lalu bersihkan dengan cairan anti karat.

4. Semprot dengan pelumas khusus

Terakhir saat Anda membersihkan bagian-bagian yang menyebabkan kerusakan jangan lupa semprotkan pelumas khusus agar bagian tersebut tidak terlihat dan cepat kering.

Mengabaikan kerusakan pada speedometer dapat menyebabkan kecelekaan pada diri Anda karena Anda tidak mengetahui sudah berapa cepat laju kendaraan Anda. Walaupun terlihat tidak penting, tetapi lebih baik cepat Anda tangani untuk menghindari kerugian saat berkendara.

Kirim Kendaraan