*** Follow Instagram Farhiyatrans untuk update foto terkini *** Pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat, booking paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan *** Pengiriman sepeda motor, booking paling lambat sehari sebelum keberangkatan *** Menerima pengiriman kendaraan baru (belum ada NoPol/plat/STNK) *** Menerima pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat dari Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, Banjarmasin ke Surabaya, Maumere ke Surabaya *** Kirim lebih dari satu kendaraan, ada potongan harga *** Kirim barang lebih dari satu ton, ada potongan harga *** Kirim barang dengan FCL harga nego ***

Sabtu, 08 Agustus 2015

Sebelum Mengemudi Mobil, Ingat 'BALOK'

Sebelum Mengemudi Mobil, Ingat BALOK

Agar tidak mengalami kendala di tengah perjalanan, sebelum mengemudi disarankan agar melakukan pre-trip inspection. Setidaknya yang harus diperhatikan adalah 'BALOK' yaitu kepanjangan dari Body, Air, Listrik, Oli, dan Karet serta Kertas.

Instruktur Safety Driving dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Boy Falatehansyah mengatakan, huruf 'B' pada Balok adalah singkatan dari Body. Artinya, cek keseluruhan bodi mobil apakah ada bagian yang terlepas atau tidak.

"Karena kalau ada yang lepas nanti di kecepatan tinggi aerodinamis mobil terganggu, nanti suaranya banyak. Cek dengan mengelilingi bodi dari spion kanan dan harus berhenti di spion kanan lagi biar enggak ada yang terlewat," kata Boy.

Huruf kedua yaitu 'A' pada 'BALOK' adalah air. Periksa kondisi air radiator, air wiper atau air aki jika ada.

Lalu 'L' yaitu 'Listrik'. Periksa semua kelistrikan yang ada pada mobil. Periksa juga baterai mobil apakah soketnya ada yang berkerak atau tidak.

"Kalau berkerak dicuci dengan air panas dan sikat gigi sudah cukup. Kemudian cek juga sikringnya, karena semua sistem tergantung dengan sikring, ABS-nya, lampunya dan sebagainya," sebut Boy.

Lalu 'O' yaitu Oli. Ada beberapa oli pada kendaraan yang harus diperiksa. Pertama adalah oli mesin dengan memeriksa tangkainya. Lalu periksa juga oli rem, oli power steering dan oli gardan.

"Oli rem, ganti setiap setahun sekali atau jika warnanya sudah hitam. Kalau sudah hitam berarti oli rem sudah kecampur air. Itu yang menyebabkan rem blong," kata Boy.

Terakhir 'K' yaitu kepanjangan dari Karet dan Kertas. Ada beberapa bagian mobil yang terbuat dari karet dan harus diperiksa yaitu ban, wiper dan v-belt.

"Karet wiper umurnya 4 tahun. Melewati 4 tahun dia biasanya pecah-pecah. Kemudian cek V-Belt dan ban. Karet ban lihat indikator ketebalan ban atau TWI apakah sudah tipis atau masih tebal. Batas umur ban 4 tahun dari tanggal pembuatan. Jadi kalau beli ban yang sisa umurnya satu tahun jangan mau walaupun masih tebal. Kode produksinya biasanya ada 4 digit yang dilingkarin," kata Boy.

Selanjutnya untuk K yang berarti kertas adalah cek sebelum berangkat bahwa Anda selalu membawa surat-surat kendaraan lengkap seperti SIM dan STNK.

"Pre-trip inspection sebaiknya dilakukan setiap hari. Tapi kalau lupa minimal dicek seminggu sekali," kata Boy.

Kirim Kendaraan