*** Follow Instagram Farhiyatrans untuk update foto terkini *** Pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat, booking paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan *** Pengiriman sepeda motor, booking paling lambat sehari sebelum keberangkatan *** Menerima pengiriman kendaraan baru (belum ada NoPol/plat/STNK) *** Menerima pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat dari Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, Banjarmasin ke Surabaya, Maumere ke Surabaya *** Kirim lebih dari satu kendaraan, ada potongan harga *** Kirim barang lebih dari satu ton, ada potongan harga *** Kirim barang dengan FCL harga nego ***

Sabtu, 12 September 2015

Cara Mengendarai Motor Manual

Mungkin bagi sebagian orang, motor manual disamakan dengan motor bebek yang beredar sekarang ini. Padahal motor manual adalah motor di atas motor bebek atau bisa diebut dengan motor semi automatic. 

Pastinya motor manual dilengkapi dengan handle kopling. Dalam setiap kendaraan memiliki kopling yang jenisnya berbeda-beda. Kopling di sini berfungsi dalam memutus dan menghubungkan putaran dari engine ke transmisi. 

Di sini kami membahas motor kopling yang mempunyai handle kopling pada setang kemudinya. Biasanya motor ber cc 150 banyak yang menggunakan kopling seperti ini.

Berbeda dengan motor bebek yang sudah dijelaskan di atas, transmisi yang digunakan adalah semi automatic, hanya menginjak pedal transmisi saja untuk berpindah gigi. Tetapi, kelemahannya adalah banyak tenaga yang hilang di kopling otomatis tersebut.

Oleh sebab itu motor sport menggunakan tuas kopling untuk berpindah gigi sebagai alat pemindah daya. Kalau Anda ingin memindahkan gigi maka harus memainkan tuas kopling yang ada pada stang kemudi. Selain itu perbedaan lainnya adalah pola pemindahan gigi. 

Pada umumnya sepeda motor yang menggunakan kopling manual memiliki pola perpindahan gigi 1-N-2-3-4-5. Bahkan sampai ada yang memiliki 6 percepatan. 

Untuk perpindahan ke gigi satu dari posisi netral, injak pedal kopling ke depan untuk 2 sampai seterusnya injak kopling ke belakang. Berikut kami jelaskan sedikit cara mengendarai motor kopling dengan mudah:

1. Putar kunci kontak pada posisi ‘On’
2. Lebih baik posisikan transmisi pada posisi netral dengan ditandai menyalanya indicator 
(biasanya berwarna hijau) kemudian tekan tombol stater, namun jangan menekan terlalu lama karena bisa menyebabkan aki tekor.

3. Untuk memasukkan gigi satu, tekan handle kopling injak pedal kopling ke depan untuk memasukkan gigi satu, lalu lepaskan pelan-pelan handle kopling jika sudah terasa motornya jalan, tambahkan dengan gas pelan-pelan jangan terlalu menarik handle gasnya.

4. Biasanya, kendala awal menggunakan motor kopling adalah ketika memasukkan gigi pertama, lalu melepas handle kopling secara mendadak, itu yang menyebabkan motor langsung mati.

5. Jika sudah berjalan dengan kecepatan 7 km/jam, mesin akan terasa mengerang, pindahkan ke gigi dua dengan menekan kopling secara penuh, lalu injak pedal kopling ke belakang, 
dengan demikian akan membuat kampas kopling sepeda motor Anda lebih awet. Untuk berpindah lagi ke di atasnya lakukanlah dengan cara yang sama.

6. Saat akan berhenti, tariklah tuas kopling dan lepaskan atau putar balik handle gas serta ditunjang dengan menekan rem.

7. Setelah berhenti secara penuh, tariklah tuas kopling dan pindahkan gigi transmisi ke posisi 1, setelah itu pindahkan ke posisi netral dengan menaikkan pedal kopling setengah saja, nanti jika sudah netral, indicator netral akan menyala berwarna hijau. Jika sudah netral, putar kontak ke posisi off.

Itulah beberapa penjelasan sedikit tentang mengendarai motor manual, berlatihlah secara terus menerus, karena kita bisa karena terbiasa. Selamat berkendara.

Kirim Kendaraan