Kirim Mobil | Ekspedisi FARHIYAtrans | Jasa Pengiriman Mobil Surabaya Jakarta Rute Seluruh Indonesia

Filter Bensin, Si Kecil Penyelamat Kendaraan Anda

Filter Bensin, Si Kecil Penyelamat Kendaraan Anda

Kebanyakan pengendara sering kali tidak memerhatikan kejernihan bensin yang berada di tangki kendaraan mereka sendiri sehingga saat bensin masuk ke karburator tersumbat, penyumbatan itu terjadi karena kotoran yang berasal dari tangki bensin ikut serta masuk ke dalam karburator bersama bensin, sehingga kerja mesin Anda menjadi tesendat – sendat akibat penyumbatan tadi atau bahkan kendaraan Anda bisa tidak hidup sama sekali. 

Maka dari itu di sinilah kita membutuhkan filter bensin, yang berfungsi untuk memisahkan kotoran dan air dengan bensin kita yang akan di bakar saat sampai ke karburator sehingga penyumbatan pada karburator dapat diantisipasi.

Filter bensin juga harus diganti secara berkala, setiap 10.000km filter bensin ini harus di ganti apabila tidak diganti kotoran dan air pada filter bensin tersebut menumpuk dan menyebabkan bensin yang masuk ke dalam karburator menjadi sedikit.

Cara Kerja 

Prinsipnya adalah bensin sebagai sumber panas yang di ubah menjadi energi. Penempatan filter bensin ini berada di sebelum pompa yang menuju karburator. Bensin dari tangki dialirkan melalui pipa menuju karburator kemudian disaring oleh filter bensin supaya kotoran dan air tidak masuk ke karburator. 

Kemudian setelah disaring bensin tersalurkan ke dalam karburator melalui cara pompa. Di dalam karburator bensin yang jernih karena sudah di saring berbaur dengan udara panas sehingga berubah menajadi energi yang dapat menjalankan kendaraan kita, di beberapa mobil bensin yang tersisa dari proses karburator akan balik lagi ke dalam tangki bensin untuk proses mendinginkan. 

Selain dari cara kerja yang harus kita pahami dari filter bensin yaitu kenali juga gejala – gejala filter bensin yang mampet, karena jalan bensin dari tangki bensin melalui pipa lalu di saring oleh filter bensin lalu di pompa menuju karburator tidak boleh terganggu sama sekali dan harus mulus, jadi tidak salahnya jika mengecek filter bensin ini secara berkala apalagi filter bensin ini berfungsi menyaring kotoran di khawatirkan saja filter bensin ini mengalami penyumbatan karena kotoran yang menumpuk atau mengendap. 

Penyumbatan juga disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu tangki bensin yang berkarat, jelas akan menimbulkan banyak kotoran yang bercampur bensin apabila tangki bensin berkarat, tangki bensin juga berkarat karena sering mengisi bensin setengah tangki jadi bensin yang menguap dan bercampur udara panas merusak bagian tangki yang kosong. 

Tidak hanya tangki bensin yang berkarat saja yang menyebabkan penyumbatan, membersihkan filter bensin dengan tidak teliti juga menyebabkan penyumbatan karena ada kotoran yang tidak keluar saat filter bensin sedang dibersihkan, cara membersihkan filter bensin yaitu dengan cara mengetok – ngetok bagian itu hingga semua kotoran keluar, pastikan lagi semua kotoran keluar. 

Gunakan cara ini apabila Anda dalam keadaan darurat, apabila Anda bisa menggantinya maka gantilah filter bensin apabila kotoran sudah menumpuk.

Bensin juga mengandung air dan kotoran, apalagi bensin – bensin yang berada di eceran, mungkin sejenak terlihat sekilas mata itu seperti jernih namun tidak seperti kelihatannya, maka dari itu gunakan filter bensin agar menyaring benda – benda asing seperti pasir, air, atau kotoran lainnya yang lebih berat dari bensin.

TRUSTED GALLERY





Show More Gallery »