Kirim Mobil | Ekspedisi FARHIYAtrans | Jasa Pengiriman Mobil Surabaya Jakarta Rute Seluruh Indonesia

Ketahui Ragam Penyebab Kerusakan Lampu Kendaraan

Fungsi lampu kendaraan sebagai penerang jalan di malam hari sangatlah krusial. Tanpa komponen ini, Anda akan sangat kesulitan berkendara di malam hari, apalagi jika tidak ada fasilitas penerangan jalan. Belum lagi, berkendara di malam hari tanpa memiliki lampu yang baik berisiko tinggi menyebabkan kecelakaan. Pasalnya, lampu ini turut membantu pengendara lain atau orang sekitar mengetahui keberadaan kendaraan Anda.
Seiring pemakaian, lampu kendaraan akan mengalami penurunan performa. Permasalahan yang timbul pun beragam, sehingga membutuhkan penanganan yang berbeda. Perlu diketahui terlebih dahulu apa permasalahan dari kerusakaan lampu kendaraan agar bisa mendapatkan solusi perbaikan yang tepat. Berikut beberapa masalah lampu mobil beserta kemungkinan penyebabnya seperti dilansir dari lifewire.com, Selasa (17/07/2018).
Yang pertama lampu mati sebelah. Kondisi ini cukup umum terjadi dan biasanya disebabkan olehbohlam yang putus atau terbakar. Risiko tersebut juga bisa terjadi apabila Anda sudah memodifikasi atau mengganti bohlam dengan spesifikasi berbeda.
Permasalahan selanjutnya, kedua lampu mati. Perlu diketahui, cukup jarang ditemui kondisi di mana kedua lampu mati secara bersamaan. Jika terjadi hal ini, cobalah periksa sumber tenaganya. Dalam kebanyakan kasus kerusakaan lampu kendaraan biasana disebabkan oleh komponen yang sudah tidak prima seperti fuse, relay atau module. Namun, apabila komponen tersebut dalam keadaan baik, ada kemungkinan sistem kabel dalam kendaraan bermasalah.
Kemudian lampu jauh atau lampu dekat yang tidak bekerja. Ini bisa saja disebabkan karena bohlam putus di satu bagian. Akan tetapi, tak ada salahnya untuk memeriksa sistem kelistrikan untuk memastikan.
Kondisi terakhir yaitu lampu menyala namun tidak terang. Penyebabnya bisa saja karena bohlam yang sudah tidak prima atau cover lampu yang kotor, dalam kasus lebih parah berembun. Jika cover lampu kendaraan terlihat bintik-bintik air, berarti terdapat kebocoran yang harus segera ditangani. Soalnya, kondisi tersebut berisiko menyebabkan kerusakan lebih parah. Penyebab lainnya bisa saja karena sistem pengisian daya yang tidak baik.



Sumber : otosia.com

TRUSTED GALLERY





Show More Gallery »