*** Follow Instagram Farhiyatrans untuk update foto terkini *** Pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat, booking paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan *** Pengiriman sepeda motor, booking paling lambat sehari sebelum keberangkatan *** Menerima pengiriman kendaraan baru (belum ada NoPol/plat/STNK) *** Menerima pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat dari Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, Banjarmasin ke Surabaya, Maumere ke Surabaya *** Kirim lebih dari satu kendaraan, ada potongan harga *** Kirim barang lebih dari satu ton, ada potongan harga *** Kirim barang dengan FCL harga nego ***

Jumat, 20 Juli 2018

Tips Ganti Velg Mobil dengan Ukuran Lebih Besar yang Aman

Modifikasi mobil sederhana saat ini sudah cukup dengan mempercantik tampilan eksteriornya. Salah satunya dengan mengganti pelek dengan ukuran yang lebih besar.

Namun, jika Anda asal mengganti pelek saja tanpa memperhatikan unsur kenyamanan dan keselamatan tentu bakal berisiko. Untuk itu, ada beberapa tips mengganti pelek mobil yang aman dari National Modificator and Aftermarket Associations (NMAA) Committee, Rizaldi Parani.

"Kalau menurut saya untuk menaikkan ukuran pelek itu kalau mau masih mengejar kenyamanan itu maksimal naik 2-3 inci. Cuma persoalannya adalah kadang orang pengin mencapai level batas kenyamanan yang dia mau," kata Rizaldi kepada detikOto di arena GIIAS 2016 di ICE, BSD, Tangerang.

Terkadang, menurut Rizaldi, penampilan mobil modif yang menarik akan mengalahkan kenyamanan. Jadi, tergantung dengan selera masing-masing pemilik mobilnya.

"Menurut saya itu tergantung dari preference orang itu sendiri. Kadang-kadang orang mau mengeksplor lebih dengan konsekuensi menghilangkan kenyamanan, mungkin dia mau menonjolkan penampilan, dia mungkin bisa menggunakan pelek yang ukurannya 4-5 inci di atasnya," ujar Rizaldi.

Namun, menaikkan ukuran pelek lebih dari yang dianjurkan memiliki konsekuensinya. Ukuran yang lebih besar tersebut pasti membuat mobil tidak nyaman. Sebab, semakin besar pelek maka profil ban akan tipis.

"Otomatis kerja shock breaker juga semakin keras," lanjut Rizaldi.

Itu dari segi kenyamanan. Dari segi keamanan juga akan berpengaruh. Menurut Rizaldi, untuk menambah ukuran pelek 4-5 inci di atas pelek standard pabrikan, maka diperlukan perubahan lainnya seperti peningkatan kinerja pengereman.

"Saya ambil contoh di kaki-kaki, ketika kita mengambil pelek yang lebih besar 4-5 inci di atasnya, dengan profil ban yang kecil, tentunya dituntut beberapa hal lain. Salah satunya yaitu penggantian disc brake maupun kalipernya. Itu penting, karena otomatis beban pelek yang lebih besar itu daya cengkeramnya akan berkurang. Kalau kita tidak mau bergerak ke variabel lain, cukup naik 2 atau 3 inci saja. Kalau naik sampai 5 berarti pengaruh ke variabel lain. Kalau naik hanya 2-3 inci saja menurut saya itu masih wajar," jelas Rizaldi.




Sumber : oto.detik.com

Kirim Kendaraan