Kirim Mobil | Ekspedisi FARHIYAtrans | Jasa Pengiriman Mobil Surabaya Jakarta Rute Seluruh Indonesia

Pelabuhan Tanjung Perak


Tanjung Perak merupakan pelabuhan tersibuk kedua di Indonesia. Pelabuhan ini menjadi pelabuhan utama di wilayah Indonesia Timur.


Pada awal mulanya, untuk meningkatkan arus lalu lintas perdagangan, kargo dan transportasi, fasilitas yang tersedia di Pelabuhan waktu itu tidak memadai. Oleh karena itu pada tahun 1875 Ir. W. de Jonght merencanakan untuk membangun Tanjung Perak untuk kegiatan bongkar muat tanpa menggunakan tongkang dan perahu. Sayangnya, rencana ini ditolak karena membutuhkan banyak dana.

Baru pada 10 tahun pertama di abad 20, W.B. Van Goor membuat rencana, untuk menekan kapal-kapal samudra untuk bersandar lebih dekat ke kade. Setelah tahun 1910, pembangunan Pelabuhan Tanjung Perak pun dimulai.


Selama dilaksanakan pembangunan, ternyata banyak sekali permintaan untuk menggunakan kade yang belum seluruhnya selesai itu, dengan demikian maka dilaksanakanlah perluasannya. Sejak saat itulah, Pelabuhan Tanjung Perak telah memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan ekonomi dan memiliki peranan yang penting tidak hanya bagi peningkatan lalu lintas perdagangan di Jawa Timur tetapi juga di seluruh Kawasan Timur Indonesia.

TRUSTED GALLERY





Show More Gallery »