*** Follow Instagram Farhiyatrans untuk update foto terkini *** Pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat, booking paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan *** Pengiriman sepeda motor, booking paling lambat sehari sebelum keberangkatan *** Menerima pengiriman kendaraan baru (belum ada NoPol/plat/STNK) *** Menerima pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat dari Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, Banjarmasin ke Surabaya, Maumere ke Surabaya *** Kirim lebih dari satu kendaraan, ada potongan harga *** Kirim barang lebih dari satu ton, ada potongan harga *** Kirim barang dengan FCL harga nego ***

Minggu, 14 Juni 2015

Jalur Merak-Bakauheni Punya 3 Kapal Baru untuk 'Tol Laut'

Minggu, 14/06/2015 09:04 WIB

Jalur Merak-Bakauheni Punya 3 Kapal Baru untuk Tol Laut

Jakarta -Dermaga VI Pelabuhan Bakauheni, Lampung dan 3 kapal penyebrangan Roll on Roll of (RoRo) Merak-Bakauheni diresmikan. Peresmian ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Sabtu (13/6/2015)

Tiga kapal RoRo berukuran 5000 GT yang diresmikan adalah KMP Batu Mandi, KMP Sebuku dan KMP Legundi dan akan dioperasikan untuk melayani lintas penyeberangan Merak-Bakauheni. Sementara, Dermaga VI yang baru, memiliki panjang 161 meter dan mampu melayan sandar kapal berukuran hingga 15000 GT.

Menhub Jonan mengatakan, dalam 5 tahun ke depan, kapal-kapal yang melintas di pelabuhan Merak-Bakauheni minimal berbobot 5.000 GT. Sedangkan kapal di bawah 5.000 GT dialihkan ke lintasan lain. apal-kapal dibawah 5000 GT akan dialihkan pada lintasan lain.

Apabila seluruh kapal yang beroperasi di lintasan Merak Bakauhheuni di atas 5000 GT, maka kapasitas angkut di lintasan Merak Bakauheuni menjadi lebih besar. Jika tidak akan dibutuhkan pembangunan dermaga-dermaga lain baik di pelabuhan Merak maupun pelabuhan Bakauheuni. 

"Kalau kapasitas kapalnya tidak di perbesar, maka akan ada dermaga sampai 10," kata Jonan dalam siaran keterangan pers yang diterima, Minggu (14/6/2015).

Total investasi pembangunan Dermaga 6 Pelabuhan Bakauheuni yang memiliki panjang 142 meter dan lebar 25,5 meter dan kedalaman kolam -8,5 meeter senilai Rp 121 Miliar. Adapun investasi untuk 3 kapal senilai Rp 483 miliar atau masing-masing sekitar Rp 161 miliar. 

"Pembangunan tiga kapal ini merupakan bukti keseriusan Kementerian Perhubungan dalam mewujudkan pembangunan tol laut," kata Jonan.

Sementara itu, DIrektur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Danang S Baskoro mengatakan, dengan diresmikannya dermaga dan 3 kapal RoRo baru ini, arus lalu lintas khususnya barang Jawa-Sumatera akan lebih lancar. Terlebih jika proyek tol Trans Sumatera sudah tersambung.

"Pengoperasian kapal dan dermaga baru ini juga akan menjadi infrastruktur penting untuk menghubungkan Tol Trans Sumatera dan Trans Jawa yang akan segera beroperasi, “ katanya.

KMP Batu Mandi, KMP Sebuku dan KMP Legundi merupakan kapal sejenis yang dibangun antara tahun 2012-2014 dengan menggunakan dana APBN.

Spesifikasi umum ketiga kapal:

Ukuran : 5330 GT
Panjang (LoA) : 109,40 meter
Kecepatanmaksimal : 17 knot
KapasitasPenumpang : 812 orang
KapasitasKendaraan : 142 unit
GalanganPembangun : PT. Daya Radar Utama (KMP BatuMandi),
PT. Mariana Bahagia (KMP Sebuku)
PT. Dumas Tanjung Perak Shipyard (KMP Legundi)

Info teknis Dermaga VI Bakauheni

Panjang Total Dermaga : 161 meter
Fasilitas Sandar : Panjang : 142 meter
Lebar : 25,5 meter
Kedalamankolam : -8,5 meter
Fasilitas Bongkar Muat : Panjang : 16 meter
Lebar : 10,4 meter
Kapasitas : 60 ton
Kontraktor Pembangun : PT. Adhi Karya (Persero)

Sumber: detik.com

Kirim Kendaraan