*** Follow Instagram Farhiyatrans untuk update foto terkini *** Pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat, booking paling lambat 2 hari sebelum keberangkatan *** Pengiriman sepeda motor, booking paling lambat sehari sebelum keberangkatan *** Menerima pengiriman kendaraan baru (belum ada NoPol/plat/STNK) *** Menerima pengiriman mobil, truk, bus, trailer, tronton, kendaraan besar lainnya dan alat berat dari Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, Banjarmasin ke Surabaya, Maumere ke Surabaya *** Kirim lebih dari satu kendaraan, ada potongan harga *** Kirim barang lebih dari satu ton, ada potongan harga *** Kirim barang dengan FCL harga nego ***

Senin, 04 Mei 2015

5 Komponen Ini Bikin Kinerja Mobil Tokcer

Performa kendaraan pun menurun dan jika tidak melakukan penggantian beberapa komponen vital secara rutin.


Banyak pemilik mobil yang tidak peduli terhadap kondisi kendaraannya yang membutuhkan pergantian komponen suku cadang sebagai bagian dari perawatan rutin.


Akibatnya tentu sudah jelas, performa kendaraan pun menurun dan jika dibiarkan terlalu lama dapat berdampak pada kerusakan komponen lainnya. Agar kinerja mobil kesayangan tetap prima, Anda tentu sebaiknya melakukan perawatan rutin dan bila perlu mengganti komponen suku cadang yang telah habis masa pakai.



Berikut ini daftar komponen kendaraan yang butuh perawatan rutin agar kinerja mobil tetap prima seperti dilansir dari Breakerlink




1. Filter Udara



Komponen ini begitu penting untuk menunjang kinerja mesin. Jika asupan terganggu berdampak pada pembakaran yang kurang maksimal dan konsumsi BBM turut meningkat.



Filter udara utuh penggantian secara rutin setelah mobil menempuh jarak mencapai 60 ribu kilometer. Namun demikian, jika anda kerap melintasi daerah berdebu maka sebaiknya ganti filter udara sebelum waktu yang direkomendasikan agar kinerja mesin tetap prima.

2. Oli

Oli atau pelumas mesin menjadi komponen yang butuh penggantian secara rutin. Oli pada mesin dapat diibaratkan sebagai darah dalam tubuh manusia. Jika oli telah keruh berdampak pada daya lumas yang berkurang. Akibatnya suara mesin pun menjadi kasar.

Oleh karena itu, Anda wajib melakukan ganti oli secara rutin. Untuk waktu penggantiannya dilakukan tiap kendaraan telah menempuh jarak sekitar 6 ribu kilometer.

3. Brake Pads

Brake Pads atau yang juga dikenal sebagai kanvas rem merupakan komponen vital yang berfungsi untuk mengurangi laju kendaraan. Komponen ini bekerja dengan bergesekan pada piringan cakram ataupun tromol.

Karena terus bergesek, ketebalan brake pads pun lama kelamaan akan menipis yang berdampak pada pengereman jadi kurang pakem.

Biasanya, komponen ini butuh penggantian setelah mobil menempuh jarak 90 ribu kilometer. Namun demikian, masa pakai komponen brake pads akan lebih cepat habis jika mobil kerap melalui situasi lalu lintas stop and go seperti di perkotaan.

4. Suspensi

Komponen ini memang tergolong tidak butuh banyak perawatan rutin seperti tiga komponen selanjutnya. Meskipun begitu bukan berarti komponen ini bebas perawatan sama sekali.

Jika mobil kerap melintasi jalan yang lubang dan rusak seperti yang banyak terjadi di Jakarta saat ini, bukan tidak mungkin membuat kinerja komponen suspensi menjadi menurun.

Agar komponen ini tetap prima, usahakan agar tidak sering melintasi jalanan yang rusak. Bila komponen ini sudah terlanjur rusak, maka segeralah diperbaiki agar perjalanan tetap nyaman karena redaman suspensi yang lembut.

5. Kanvas kopling

Kanvas Kopling menjadi komponen yang bekerja berat karena harus bergesekan saat memutus atau menghantar daya dari mesin ke roda. Untuk itu, kopling menjadi komponen yang butuh perawatan secara rutin.

Kanvas kopling butuh penggantian rutian tiap 160 ribu kilometer. Waktu penggantian akan menjadi lebih cepat jika Anda gemar berkendara secara agresif.

Kirim Kendaraan